Minggu Ke Delapan - Etika Bisnis
Hari ini saya akan menuliskan apa saja yang saya pahami dari mengikuti kelas etika profesi di UNEJ
1.ETIKA BISNIS
Etika Bisnis atau Business Etiquette adalah suatu bentuk yang mengatur prinsip etika dan masalah etika dalam lingkungan bisnis,hal ini berlaku untuk semua aspek dalam bisnis mulai dari aspek produksi, distribusi, pemasaran, penjualan dan konsumsi barang dan jasa berasal dari individu, aturan organisasi, ataupun sistem hukum yang ada
2.FUNGSI ETIKA BISNIS
Fungsi dari adanya etika bisnis yaitu:
Mempertaruhkan nama, harga diri, dan nasib manusia yang terlibat
Bisnis merupakan bagian penting bagi masyarakat
Bisnis memerlukan etika yang mampu memberikan pedoman bagi yang melakukanya
Dapat memelihara hubungan yang baik antar manusia yang terlibat.
3.KATA KUNCI DALAM ETIKA BISNIS
-Morality / Moral
-Behavior / Tingkah laku
-Trust / Kepercayaan
-Reliability / Keandalan
-Rensponsebility / Tanggung jawab
-Principle / Prinsip
-Relationship / Hubungan
-Choice / Pilihan
4.PRINSIP ETIKA BISNIS
Apa saja prinsip dari etika bisnis??
-PRINSIP OTONOMI
Kemampuan mengambil keputusan dan bertindak berdasarkan kesadaran tentang apa yang baik untuk dilakukan dan bertanggung jawa secara moral atas keputusan yang diambil.
-PRINSIP KEJUJURAN
Bisnis tidak akan tahan lama jika tidak dilandasi kejujuran karena kejujuran kunci keberhasilan suatu bisnis.
-PRINSIP KEADILAN
Tiap orang dalam berbisnis harus mendapat perlakuan yang sesuai dengan haknya masing- masing, artinya tidak ada yang boleh dirugikan haknya.
-PRINSIP SALING MENGUNTUNGKAN
Agar semua pihak berusaha untuk saling menguntungkan, demikian pula untuk berbisnis yang kompetitif.
-PRINSIP INTEGRITAS MORAL
Para pelaku bisnis harus menjaga nama baik pribadi dan perusahaan/organisasi agar tetap dipercaya dan berintegritas tinggi.
5.E-COMMERCE
E-Commerce adalah kemampuan perusahaan untuk menyediakan website dinamis (dynamic presence)
pada internet yang dapat digunakan untuk melangsungkan bisnis secara elektronik, atau dengan kata
lain memiliki sebuah toko online. Melalui e-Commerce, produk dapat diiklankan, dijual dan
dibayarkan secara elektronik Kelebihan terbesar dari e-Commerce adalah kemampuan untuk
menyediakan transaksi belanja yang aman melalui internet dan hampir secara instan verifikasi dan
validasi transaksi kartu kredit. Secara cost dan jangkauan pasar, e-commerce jauh lebih unggul
dibandingkan toko konvensional.
Komentar
Posting Komentar