Minggu Ke Delapan - Etika Bisnis

Hari ini saya akan menuliskan apa saja yang saya pahami dari mengikuti kelas etika profesi di UNEJ



1.ETIKA BISNIS

Etika Bisnis atau Business Etiquette adalah suatu bentuk yang mengatur prinsip etika dan masalah etika dalam lingkungan bisnis,hal ini berlaku untuk semua aspek dalam bisnis mulai dari aspek produksi, distribusi, pemasaran, penjualan dan konsumsi barang dan jasa berasal dari individu, aturan organisasi, ataupun sistem hukum yang ada

    


2.FUNGSI ETIKA BISNIS

Fungsi dari adanya etika bisnis yaitu:


Mempertaruhkan nama, harga diri, dan nasib manusia yang terlibat
Bisnis merupakan bagian penting bagi masyarakat
Bisnis memerlukan etika yang mampu memberikan pedoman bagi yang melakukanya
Dapat memelihara hubungan yang baik antar manusia yang terlibat.



3.KATA KUNCI DALAM ETIKA BISNIS


-Morality / Moral
-Behavior / Tingkah laku
-Trust / Kepercayaan
-Reliability / Keandalan
-Rensponsebility / Tanggung jawab
-Principle / Prinsip
-Relationship / Hubungan
-Choice / Pilihan



4.PRINSIP ETIKA BISNIS

Apa saja prinsip dari etika bisnis??


-PRINSIP OTONOMI

Kemampuan mengambil keputusan dan bertindak berdasarkan kesadaran tentang apa yang baik untuk dilakukan dan bertanggung jawa secara moral atas keputusan yang diambil.  


-PRINSIP KEJUJURAN

Bisnis tidak akan tahan lama jika tidak dilandasi kejujuran karena kejujuran kunci keberhasilan suatu bisnis.


-PRINSIP KEADILAN

Tiap orang dalam berbisnis harus mendapat perlakuan yang sesuai dengan haknya masing- masing, artinya tidak ada yang boleh dirugikan haknya.


-PRINSIP SALING MENGUNTUNGKAN

Agar semua pihak berusaha untuk saling menguntungkan, demikian pula untuk berbisnis yang kompetitif.


-PRINSIP INTEGRITAS MORAL

Para pelaku bisnis harus menjaga nama baik pribadi dan perusahaan/organisasi agar tetap dipercaya dan berintegritas tinggi.



5.E-COMMERCE

E-Commerce adalah kemampuan perusahaan untuk menyediakan website dinamis (dynamic presence) 
pada internet yang dapat digunakan untuk melangsungkan bisnis secara elektronik, atau dengan kata 
lain memiliki sebuah toko online. Melalui e-Commerce, produk dapat diiklankan, dijual dan 
dibayarkan  secara elektronik Kelebihan terbesar dari e-Commerce adalah kemampuan untuk 
menyediakan transaksi belanja yang aman melalui internet dan hampir secara instan verifikasi dan 
validasi transaksi kartu kredit. Secara cost dan jangkauan pasar, e-commerce jauh lebih unggul 
dibandingkan toko konvensional.



6.MASALAH E-COMMERCE


-Web Spoofing
Hacker membuat situs palsu yang hampir mirip dengan situs asli untuk menarik konsumen untuk 
memberikan nomor kartu kredit atau data penting lainnya. Banyak pengguna terkadang tidak sengaja 
dan tidak sadar bahwa situs tersebut bukanlah situs asli microsoft. 

-Cyber-Squatting

Seseorang menggunakan nama domain milik organisasi terkenal, tujuannya untuk melanggar 

trademark. Kemudian memeras pemilik trademark aslinya dan mematok harga yang jauh lebih mahal. 

Biasanya menambahkan kata-kata yang merusak citra organisasi pemilik trademark tersebut.


-Privacy Invasion
Masalah penyalahgunaan informasi pribadi konsumen. Privacy invasion dapat dilakukan dengan 3 cara:
Yang pertama e-Commerce membeli informasi individu seperti detail personal, shopping habit, dan 
pola kunjungan website. Kemudian dijual kepada perusahaan untuk pemasaran produk. Yang kedua 
Informasi pribadi “dicegat/interupt” oleh pihak yang tidak seharusnya mengetahui informasi pribadi 
kita. Yang ketiga Malware yang disisipkan melalui web yang merekam seluruh aktivitas konsumen 
pada website yang disimpan pada cookies.

-Online Piracy

Pembajakan online yang melanggar hak atas kekayaan intelektual seperti e-book, musik, video dll.


-Email Spamming
Spamming melalui email yang pernah dimasukkan oleh konsumen. Kemudian dijadikan sebagai “pasar” untuk mengiklankan produk secara berkala.






Mungkin Sekian dari saya,kurang lebihnya mohon maaf
Terima Kasih sudah berkunjung.

Komentar

Postingan Populer